Rabu, 12 September 2012


INFORMASI BATU PERMATA :

BATU PERMATA ASLI


caranya membedakan permata asli dan imitasi itu? Simaklah beberapa tips yang saya berikan di bawah ini:
  1. Kaca itu bening, sedangkan batu alami kebanyakannya mengandung serat-serat di dalamnya.
  2. Sebagian orang awam mengira bahwa batu asli itu pecah, tapi sebenarnya hanya serat-serat alami batu. Jarang sekali ditemukan batu permata alam yang bersih tanpa serat.
  3. Coba tempelkan permata itu ke pipi anda. Apakah terasa dingin? Kalau terasa dingin ini bisa merupakan satu ciri bahwa permata anda itu asli.
  4. Berat. Coba bandingkanlah permata asli dan tiruan, pasti permata asli lebih berat dari permata palsu.
  5. Bila permata anda itu adalah berlian, maka untuk membuat anda benar-benar yakin akan keasliannya, maka anda bisa menggunakan alat testing berlian. Sebagian besar penjual menyediakan alat ini.
  6. Bila anda masih ragu-ragu juga, sebaiknya bertanyalah kepada ahlinya demi keselamatan anda.
Hanya ini saja cara membedakan permata asli dan imitasi yang saya ketahui berdasarkan pengalaman saya selama belasan tahun berjualan permata di Martapura.
Imitasi telah merambah hampir semua kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan sebutkan satu saja kebutuhan manusia yang tak ada imitasinya. Sangat sulit, bukan? Ini menunjukkan betapa bentuk imitasi telah merambah pada hampir seluruh aspek kebutuhan manusia sehari-hari. Akibatnya, jika tanpa pengetahuan yang memadai untuk secara pasti menentukan mana yang asli dan mana yang imitasi, kita sendiri yang akan kenah getahnya.
Apalagi jika yang harus dinilai antara yang asli dan imitasi benar-benar sama, seperti batu permata misalnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui mana batu permata asli, dan mana yang imitasi. Namun, bukan berarti pengetahuan tentang batu permata ini tidak bisa dipelajari.
Ketidak tahuan masyarakat awam bahkan para penggemar batu permata, mengenai mana yang asli dan mana yang palsu, menjadi lahan subur untuk berkeliarannya para penjual yang tidak bertanggung jawab alias penipu berkedok penolong, yang pura-pura memberi advis konsultasi gratis. Ujung-ujungnya menjual batu permata yang katanya asli, tapi palsu.
Seorang pedagang batu permata yang telah lama berkecimpung dalam jual beli batu permata, sering mengeluhkan adanya kasus-kasus penipuan seperti ini. Seorang konsumen datang menawarkan batu permata yang katanya asli, dibeli dari seorang kolektor batu permata. Padahal setelah dicek, ternyata batu permata tersebut "aspal", kelihatan asli, tapi sebenarnya palsu.
Cara yang sederhana dan gampang untuk mengetahui batu permata asi adalah dengan menempelkan batu tersebut ke pipi. Kalau terasa dingin, ini bisa jadi salah satu ciri bahwa batu permata tersebut memang asli. Tapi itu bukan satu-satunya ciri.
Dari timbangannya. jika Anda telah sering memegang batu permata, juga bisa menjadi indikasi. Jika terasa lebih berat untuk ukuran batu sebesar yang Anda pegang, maka bisa dipastikan kalau batu permata itu memang asli. Tapi kalau untuk ukuran sebesar batu yang Anda pegang itu terlalu riangan, Anda harus mulai hati-hati, jangan-jangan memang palsu.
Khusus untuk batu permata Merah Delima, keasliannya bisa diketahui dengan gampang, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam gelas bening berisi air. Jika ketika dicelupkan air di dalam gelas tersebut berubah menjadi warna merah, bisa dipastikan itulah batu Merah Delima asli. Tapi seiring perkembangan jaman, hal ini bisa saja dimanfaatkan para penipu dengan menambahkan zat pewarna pada batu tersebut. Untuk mengetesnya, coba celupkan berulang-ulang, lalu gosok dengan kain dan celupkan lagi. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan efek zat pewarna buatan.
Batu permata, apa pun namanya tetap mengandung serat di dalamnya. Berbeda dengan kaca yang menjadi bahan imitasi batu permata, bening tanpa serat. Jadi, apabila Anda melihat batu permata asli itu berserat, bukan berarti batu tersebut pernah jauh dan pecah. Itulah serat alami yang dikandung batu permata asli. Kalau tidak ada serat, bisa dipastikan batu permata itu memang palsu.
Untuk mengetahui batu berlian, lebih baik memang langsung dites saja menggunakan alat pengecek keaslian berlian. Biasanya beberapa pedagang batu permata, punya alat ini.
Yang terpenting adalah jangan sampai malu bertanya, karena akan sesat menentukan batu permata yang asli.


BATU BATU PERMATA


Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.

Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia sepertiBerlian,Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.
Beberapa macam batu permata

Akik
Akuamarin
Ametis
Biduri laut
Batu biduri Bulan
Batu Cempaka
Berlian
Delima
Anggur
Giok
Intan
Kuarsa
Mutiara
Mata kucing
Pirus
Safir
Zamrud
Ruby
Opal
Spinel
Bloodstone
Tashmarine
Quattro


Batu permata yang belum ada nama Indonesia

Alexandrite/Chrysoberyl
Chrysocolla
Chrysoprase
Hematite
Jasper
Kunszite
Lapis Lazuli
Malachite
Obsidian
Olivine/peridot
Pyrite=pirit
Tanzanite
Tourmaline
Zircon

BATU CINCIN


Sebuah cincin batu permata yang cukup umum hari ini, tetapi evolusi bertahap dari desain untuk cincin batu permata sangat menarik. Sejak zaman kuno, batu permata diyakini memiliki kualitas khusus dan orang-orang yang memakai permata dalam bentuk seperti kalung, jimat dan liontin. Seiring waktu berlalu, logam seperti emas dan perak yang digunakan untuk membuat band kecil yang dipakai di jari. Cincin awal tidak memiliki permata sama sekali dan sebagian besar dibuat dengan ukiran atau ukiran pada band. Ini adalah elemantary kebanyakan bentuk cincin seperti yang kita kenal mereka hari ini. Pengrajin secara bertahap mempelajari teknik-teknik dalam membuat cincin bertatahkan dengan berbagai batu permata dan ini adalah awal dari kreasi cincin batu permata.

Gagasan cincin batu permata berdasarkan kepercayaan berbagai properti permata telah hidup sampai hari ini. Kelahiran dan cincin cincin ulang tahun adalah contoh dari cincin batu permata yang mewakili tanggal kelahiran dan ulang tahun dari si pemakai. cincin batu permata's Hari ini tersedia dalam berbagai boggling pikiran desain dan batu permata. Batu permata dalam berbagai bentuk warna, dan ukuran yang ditetapkan dalam emas menarik atau mounting sterling silver.

Gemstone cincin saat ini tersedia sebagai, cincin batu permata emas atau sebagai cincin permata di perak sterling. cincin batu permata Emas dapat lebih dikelompokkan sebagai cincin emas kuning atau emas permata batu putih. Terkenal menawarkan baik perhiasan perak dan batu permata cincin emas dengan keahlian tinggi akhir. Desainer dan pembeli sekarang menyadari bahwa batu permata tertentu terlihat lebih baik dalam emas putih sementara yang lain lebih cocok untuk emas kuning. Misalnya batu permata cincin emas putih yang menggunakan sapphire biru yang sangat mendalam, akan membuat batu permata terlihat sangat gelap dan hampir hitam. Hal ini karena warna emas putih sangat kontras dengan batu permata berwarna gelap. Pemilihan atau putih emas kuning untuk cincin batu permata Anda akan menjadi preferensi pribadi, tetapi mengetahui yang sesuai permata warna emas tertentu dapat membantu Anda membuat keputusan.
Cincin batu permata Ada beberapa yang memiliki tradisi yang sangat tua dan tanggal kembali ke beberapa ratus tahun. cincin batu Gem semacam ini memiliki arti yang mendalam dan signifikan dan oleh karena itu tetap populer bahkan hari ini. The Claddagh Irlandia cincin legendaris adalah salah satu contohnya, cincin Claddagh pertama diyakini telah dibuat lebih dari 300 tahun yang lalu oleh seorang budak Irlandia bernama Robert Joyce. Versi sebelumnya dari cincin Claddagh Irlandia tidak memiliki batu permata diatur dalam ring, dan konsep cincin batu permata Claddagh datang kemudian. Cincin ini hari ini telah menjadi sangat populer sebagai batu cincin kelahiran atau pernikahan dan cincin pertunangan. Cincin lain batu permata yang telah populer sejak lama yang sangat adalah cincin batu permata 9. Cincin ini dimaksudkan untuk mandi orang yang memakainya dengan kesehatan yang baik, nasib baik dan keamanan. Ini sembilan batu permata cincin di India yang disebut sebagai cincin 'navratan' dan disebut cincin 'nok-phakow' di Thailand. Cincin ini memiliki ketentuan untuk batu permata yang akan digunakan dan juga untuk urutan batu permata ini diatur di atas ring.
Cincin sebagai sebuah aksesoris yang mudah dipakai cukup digemari oleh manusia untuk menunjang penampilannya. Tidak seperti anting atau giwang. Cincin digunakan di jari. Jari tangan terlebih lagi dan memang lazimnya begitu, meski ada beberapa yang memakai cincin di jari kaki.
Cincin tidak hanya digunakan oleh kaum wanita saja. Kaum pria pun banyak yang menggemari aksesoris yang satu ini. Bagi wanita, memakai cincin merupakan suatu bentuk keindahan yang akan membuatnya terlihat lebih cantik, elegan, atau bahkan glamor sekali pun. Terlebih jika cincin yang dipakainya berhiaskan batu yang indah dan besar. Bagi wanita, batu cincin mempunyai peranan penting.
Batu Cincin di Mata Wanita
Betapa tidak, rata-rata kaum wanita yang memakai cincin memilih cincin yang berbatu. Jarang kita temui kaum wanita memakai cincin yang polos. Bahkan cincin pernikahan pun biasanya bertahtakan batu mulia.
Batu cincin ini ada yang terbuat dari mutiara, permata, giok, berlian, perak atau jenis batu mulia lainnya. Bahkan ada pula batu cincin yang terbuat dari kayu. Biasanya batu cincin yang terbuat dari kayu ini dibuat sekedar asesoris biasa yang lebih menonjolkan sisi etniknya.
Bagi kaum wanita, terlebih mereka yang termasuk kalangan orang berduit, batu cincin bisa menjadi indikator yang menunjukkan status sosial dan tingkat kemapanan ekonomi. Semakin mahal batu cincinnya, semakin bergengsi pulalah dirinya. Atau semakin besar bentuk batu cincinnya, semakin glamorlah terlihatnya. Semakin unik, indah, melangit harganya, dan seksi bentuknya semakin seksi dan menggemaskan pulalah pemakainya.
Bagi wanita, batu cincin merupakan hal yang utama dalam pemilihan cincin, selain material pembentuk cincin itu sendiri apakah dari tembaga, perak, emas kuning, atau emas putih.
Batu Cincin di Mata Pria
Lain wanita, lain pula pria. Jika bagi wanita batu cincin menunjukkan status sosial, kemapanan tingkat ekonomi, dan membuat ia terlihat cantik dan glamor, bagi pria tidak seperti itu. Meskipun ada beberapa pria yang memang memaksudkan diri memakai cincin untuk keperluan terlihat kaya dan glamor. Namun biasanya takarannya lebih pada rasa percaya diri bahkan kegagahan.
Bagi pria, batu cincin menunjukkan tingkat kegagahan dan kemampuannya dalam membeli barang berharga. Jenis batu cincin yang banyak dipakai pria adalah batu akik. Semakin besar batu akik yang dipakainya, semakin ia terlihat gagah, kaya, dan maksulin. Pun warna batu akik cukup diperhatikan, sebab dinilai mampu memperhitungkan tingkat seleranya terhadap jenis batu ini.
Bagi pria, soal pembuatan bahan material cincin tidak terlalu dipermasalahkan, yang penting adalah batu cincinnya. Namun bagi sebagian kalangan yang lain, semakin kecil batu akik dan semakin langka warnanya, semakin terlihat kaya dan gagahlah dirinya. Sebab mencari batu akik yang memiliki beberapa warna agak sedikit sulit dan harganya pun cukup tinggi.
Batu akik kecil ukuran 0,5 atau 1 cm bisa dihargai Rp 500.000,00 – Rp 750.000,00. Bahkan, ada yang lebih mahal lagi jika karakteristik batunya dinilai sangat unik dan langka.
Batu Cincin dan Unsur Mistik
Bagi sebagian pria lainnya, batu cincin dinilai bisa menjadi penolong atau pembantu dirinya. Memiliki unsur mistik. Dalam hal ini batu cincin yang dimaksud adalah sebagai jimat. Batu cincin yang dipakai pria, kerap bagi sebagian orang, selalu dinilai mempunyai kekuatan supranatural, bahkan ada pula yang menambahkan darah ke dalam batu cincinnya. Sehingga akan terlihat gumpalan warna merah di batu cincin itu yang tidak lain adalah darahnya sendiri.
Pria yang memakai cincin dengan kebutuhan sebagai sumber kekuatan tentulah mereka yang masih meyakini kekuatan-kekuatan yang berasal dari benda. Biasanya akan berdampak pada sikap kesehariannya yang terlihat sedikit congkak.
Batu cincin, entah dalam kapasitas fungsi sebagai penghias atau sumber kekuatan metafisik, telah mampu membuat banyak pemakainya merasa percaya diri. Pada akhirnya, semuanya bergantung pada jiwa, psikologis, dan penafsiran manusia itu sendiri.

BATU PERMATA KALIMANTAN


Batu-batu permata Kalimantan yang terkenal adalah seperti batu intan atau berlian yang berasal dari pertambangan batu intan yang berasal dari Martapura, Kalimantan selatan. Disamping itu di Kalimantan banyak ditemukan batu kecubung dengan kualitas yang terbaik.
Indonesia terkenal dengan kekayaan alam dan bebatuannya yang berharga. Tak ada satu batu pun yang tak berharga untuk dijadikan perhiasan atau bahan baku bangunan dan furnitur sebagai komoditas yang tidak pernah sepi peminat.
Khusus untuk bebatuan berharga seperti permata, cukup banyak tersebar di wilayah Indonesia bagian Timur. Salah satunya Martapura, tempat penghasil batu permata Kalimantan. Martapura yang merupakan ibu kota Kabupaten Banjar yang menjadi bagian dari wilayah Kalimantan Selatan ini memang cukup dikenal masyarakat dalam dan luar negeri sebagai penghasil batu permata intan terbaik.
Pasar Intan Martapura
Di sana terdapat pasar intan yang menyediakan intan dalam bentuk yang sudah diolah menjadi perhiasan. Harga yang ditawarkan pun beragam, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Harga tersebut disesuaikan dengan kelangkaan dan keunikan batu permata.
Tampaknya, hobi mengumpulkan batu permata khas Kalimantan ini bisa jadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan pula. Bayangkan saja, batu permata Martapura yang dijual sebesar Rp 20.000,00 dapat dijual kembali di pasaran Pulau Jawa sekitar lima puluh ribu hingga seratus ribu rupiah.
Sungguh keuntungan yang berlipat ganda, bukan? Ditambah lagi, batu permata dari pasar intan Martapura adalah yang terbaik di kelasnya, bukan sembarang intan dan desain perhiasan.
Sayangnya, harga yang murah itu menutup kualitas batu intan. Memang bila dilihat dari teknik penggosokan batu saat pengolahan dari bentuk kasar ke bentuk lebih halus, masih menggunakan cara tradisional. Hal ini dapat mengurangi jumlah konsumen yang tertarik pada kualitas komoditi batuan berharga Indonesia.
Terkenal di Mata Dunia
Koleksi batu permata Indonesia termasuk yang terbaik di kelas dunia. Konsumen dari luar banyak yang melirik batu permata seperti intan, justru bukan pada saat sudah berbentuk perhiasan, tetapi saat belum diproses dan masih mentah. Kemudian, batu-batu tersebut dibawa untuk diolah di Eropa dengan menggunakan teknologi tinggi sehingga terpancarlah pesona yang indah dari intan Martapura itu.
Harganya pun bisa berpuluh-puluh kali lipat lebih tinggi dari yang dijual di pasar intan Martapura. Agaknya penduduk Kalimantan Selatan perlu berterima kasih kepada pengusaha intan Eropa yang telah mengolah intan menjadi lebih cantik dan elegan yang bernilai tinggi di pasar intan dunia. Dengan begitu, nama Martapura dan Indonesia menjadi semakin terangkat di kancah internasional dari segi kekayaan batu berharganya.
Yang perlu menjadi perhatian bangsa kita saat ini adalah bagaimana bisa memproduksi intan dengan teknik pengolahan yang lebih baik agar kelak intan diproduksi dan diolah di dalam negeri sendiri. Tentunya kita tidak mau nasib batu intan kita diakui bangsa lain hanya karena mampu membeli dan punya teknik pengolahan yang canggih.

BATU KUNING



Batu kuning sering ditemukan pada batu akik yang berwarna kuning, tetapi juga ada ditemukan batu safir yang berwarna kuning. Batu safir yang berwarna kuning disebut juga batu yakut / yellow sapphire. Pennyebab kenapa safir menjadi warna kuning adalah tercampur dengan zat besi dan titanium.
Disamping itu ada juga batu permata berwarna kuning asli dari Kalimantan seperti batu kecubung kuning atau yang dikenal dengan citrine. Batu citrine atau kecubung kuning ini hamper mirip dengan batu safir kuning, tetapi kualitasnya berbeda. Batu safir kuning clarity nya jauh lebih jernih dan batunya lebih keras.

BATU PERMATA SAFIR


Batu permata Safir (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu permata Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.

BATU PERMATA ZAMRUD


Permata Zamrud (Be3Al2SiO6) adalah batu permata atau batu mulia yang berwarna hijau sampai hijau tua. Permata Zamrud termasuk mineral silikat beril (mengandung beryllium) dan warna hijaunya disebabkan oleh kelumit kromium. Adanya vanadium dan besi yang menyertai kelumit kromium akan menyebabkan ragam zona pada warna hijau tersebut. Kekerasan Permata zamrud termasuk tinggi (7,5 dalam skala Mohr).

Penghasil Permata zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brasil.

BATU BLUE SAFIR



Batu Blue Safir (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu Blue Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap safir. Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.


BLUE SAFIR



Blue Safir (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Blue Safir dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap Blue safir. Blue Safir termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.


BATU SAPPHIRE



Batu Sapphire (Bahasa Ibrani: ספּיר sapir) adalah bentuk kristal tunggal aluminium oksida (Al2O3), suatu mineral yang dikenal sebagai korundum. Batu Sapphire dapat ditemukan secara alami sebagai batu permata atau difabrikasi pada boule kristal besar untuk berbagai keperluan, termasuk komponen optik inframerah, permukaan jam, jendela yang kuat, dan wafer untuk deposisi semikonduktor seperti nanorod GaN.

Kelompok korundum termasuk aluminium murni. Sejumlah kecil unsur lain seperti besi, titanium, dan kromium memberikan warna biru, kuning, merah muda, ungu, jingga, atau kehijauan terhadap Batu Sapphire. Batu Sapphire termasuk semua variasi kualitas mineral korundum kecuali yang memiliki warna merah jenuh penuh, yang dikenal sebagai rubi.

BATU BERLIAN



Batu berlian adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Batu berlian terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat
Batu berlian digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.

Batu berlian terutama ditambang di Afrika tengah dan selatan, walaupun kandungan Batu berlian yang signifikan juga telah ditemukan di Kanada, Rusia, Brazil, dan Australia. Sekitar 130 juta "carat" (26.000 kg) Batu berlian ditambang setiap tahun, yang berjumlah kira-kira $9 miliar dolar Amerika. Selain itu, hampir empat kali berat Batu berlian dibuat di dalam makmal sebagai Batu berlian sintetik (synthetic diamond).

Penambangan Batu berlian
Batu berlian terutama ditambang dari pipa-pipa vulkanis, tempat kandungan Batu berlian yang berasal dari bahan-bahan yang dikeluarkan dari dalam Bumi karena tekanan dan temperaturnya sesuai untuk pembentukan Batu berlian.

Batu berlian terdapat dari dalam perut bumi yang digali baik secara manual maupun dengan mekanisasi. Sekarang kebanyakan para penambang Batu berlian sudah menggunakan mekanisasi, yaitu dengan mesin penyedot untuk menyedot tanah yang sudah digali.

Tanah yang disedot bersama air, dipilah melalui tapisan. Dengan keterampilannya, si penambang bisa membedakan batu biasa, pasir, atau Batu berlian. Batu berlian yang baru didapat ini disebut "galuh" di daerah Banjarmasin. Galuh ini masih merupakan Batu berlian mentah. Untuk menjadikannya siap pakai, Batu berlian harus digosok terlebih dahulu. Penggosokan Batu berlian yang ada di masyarakat sebagian besar masih dengan alat tradisional.

Penambangan Batu berlian tradisional di Kalimantan Selatan pada abad ke-20.
Berkas:COLLECTIE TROPENMUSEUM Diamantwinning bij Tjempaka bij Martapoera Zuidoost-Borneo TMnr 10007448.jpg



BATU MERAH DELIMA ASLI


Banyak orang percaya bahwa batu merah delima adalah batu yang memiliki unsur ghaib seperti apabila dimasukkan dalam air warna batunya bercahaya, airnya berubah menjadi merah dan tubuh yang memakainya bias menjadi kebal. Itulah orang Indonesia yang masih percaya hal-hal mengkultuskan benda-benda ghaib. Pantasan mereka-mereka yang berpikiran seperti ini kalah dalam segi intlektual. Contohnya kalah sama orang barat (kalah pintar, kalah secara ekonomi, kalah secara teknologi maupun segalanya). Apalagi mereka ini adalah orang yang mengaku dirinya seorang muslim. Apakah mereka tidak pernah belajar tentang ilmu islam, bagi orang-orang yang mengkultuskan atau mengkeramatkan benda-benda ghaib seperti batu merah delima mengendung unsur ghaib termasuk orang yang syirik atau khurafat. Sangat memalukan orang islam mempunyai pikiran seperti itu, lebih baik mereka keluar dari agama islam.

Tapi yang pasti batu merah delima dalam bahasa inggrisnya adalah batu Ruby. Batu Ruby banyak ditemukan di Burma, India dan afrika. Sedangkan diIndonesia tidak ada ditemukan batu merah delima atau ruby.

Untuk menentukan batu ruby atau merah delima adalah :

1. Batu nya memiliki serat batu
Batunya terasa berat dan disentuh tersa dingin diandingkan kaca atau Kristal sintetis.


CINCIN BATU PERMATA


Cincin batu permata merupakan perhiasan yang sangat terkenal. Perhiasan sudah ada sejak manusia ingin eksistensinya diakui oleh koloninya. Hal ini dibuktikan dengan artefak dan situs yang menggambarkan atribut-atribut yang melekat dalam busana orang zaman dulu.
Perhiasan merupakan kebutuh utama untuk melengkapi penampilan manusia. Perhiasan yang indah dan bernilai menjadikan manusia lebih berwibawa. Seiring pergantian zaman dan perubahan mode busana, perhiasan pun tak pernah statis. Manusia selalu merancang aneka perhiasan supaya bisa mengikuti perubahan fashion.
Walaupun desainnya berubah-ubah bentuknya, tapi material utamanya tetap sama yakni batu permata dan berlian, sedangkan logam mulianya masih sama dari dulu yakni emas, platina, perak dan lain sebagainya. Batu permata merupakan salah satu hasil tambang yang paling berharga selain minyak bumi.
Di belahan bumi ini hanya beberapa negara yang memiliki tambang batu permata dan logam mulia. Negara produsen batu mulia salah satunya adalah Indonesia. Datanglah ke Kalimantan Selatan, di sana terdapat kawasan tambang penghasil permata. Daerah ini bernama Cempaka, tepatnya di Kabupaten Martapura berdekatan dengan Banjarbaru. Di tanah Cempaka terdapat kandungan batu mulia yang tak pernah habis ditambang. Tempat ini mengasilkan batu sapir, rubi, merah delima, intan dan jenis permata lainnya.
Melirik Batu Permata Sebagai Investasi
Batu permata merupakan objek komodifikasi di pasar dunia, jadi memiliki fungsi investasi. Batu ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan harganya cenderung stabil. Selain itu, batu ini diakui oleh internasional sebagai alat transaksi yang syah.
Sejalan dengan teori investasi yang mengharapkan laba dalam jangka panjang, maka tepat rasanya jika Anda mulai memperhitungkan menyimpan batu permata sebagai objek investasi yang menguntungkan. Selain itu, juga sebagai cadangan aset yang wajib dimiliki. Keuntungan menyimpan batu permata sebagai investasi alternatif adalah bisa dicairkan kapan saja. Anda dapat menjualnya kapan saja. Selain itu, batu permata bebas pajak investasi.
Jenis Cincin Batu Permata
Di pasaran terdapat beberapa jenis cincin batu permata. Harganya berbeda-beda tergantung motif ukuran



2 komentar:

  1. buka juga link saya : http://batu-cincin-kalimantan-murah.blogspot.com/

    BalasHapus